Mengenal Sawer Panganten (Download MP3 & Naskah)

Sawer Panganten merupakan sebuah tradisi budaya masyarakat Sunda yang kental dan sarat akan nasehat dan do’a. Sawer Panganten atau yang biasa disebut dengan Nyawer, adalah upacara memberi nasehat pada kedua mempelai pasangan pengantin, dilaksanakan setelah acara akad nikah. Kedua orang tua mempelai menyawer mempelai dengan diiringi kidung. Biasanya, tempatnya di halaman rumah. Untuk menyawer, menggunakan bokor yang diisi uang logam, beras, irisan kunyit tipis, dan permen. Kedua mempelai duduk berdampingan dengan dinaungi payung, seiring kidung nasehat selesai di lantunkan, isi bokor di tabur, hadirin yang menyaksikan berebut memunguti uang receh dan permen. Upacara ini melambangkan mempelai beserta keluarga berbagi rejeki dan kebahagiaan.

Secara umum dalam kalimat sawer panganten, bagian pembuka (larik ke-1) /Bismillah ngawitan ngidung/ bermakna tentang permohonan ijin. Secara implisit juga mengajarkan tentang ajaran tauhid yaitu ke-Esaan Allah. Kata Bismillah adalah ungkapan yang digunakan penembang sebagai ciri bahwa dia akan memulai suatu kegiatan yang bernilai baik, maksudnya yaitu hendak membuka dan memulai sawer. Hal ini sesuai dengan kebiasaan kita pada umumnya ketika hendak melakukan suatu kegiatan.

Bagian isi (larik ke-6) /Hidep nalikeun duriat/ merupakan salah satu ajaran Islam mengenai perintah untuk melaksanakan ibadah nikah yang ditujukan bagi kedua pengantin, merupakan ajaran yang bersumber dari Al-Quran dan hadist. Sebuah hadist yang membicarakan pernikahan yang merupakan salah satu cara untuk menyempurnakan agama.

Bagian penutup (larik ke-19) /Mugi Gusti nangtayungan/ berisi penguatan sugesti dari larik-larik sebelumnya dan simpulan dari isi yang disajikan. Bagian ini merupakan suatu permohonan/doa penutup yang ditujukan untuk kedua pengantin agar selalu ada dalam lindungan Allah.

Berikut ini merupakan contoh audio dan naskah sawer :

  • Download Sawer Panganten.mp3
  • Download Pembuka Upacara Adat Panganten Sunda.mp3
  • Download Mapag Panganten & Serah Terima.mp3
  • Download Pengiring Upacara Adat Sunda.mp3
  • Download Huap Lingkung.mp3
  • Download Contoh Naskah Sawer Panganten

11 Comments

  1. Mimpi Siang Bolong 24 April 2011
    • Rosid 24 April 2011
  2. anandthea 5 Juli 2011
    • Rosid 6 Juli 2011
  3. egi 14 November 2011
    • Rosid 15 November 2011
  4. sharky 30 November 2011
    • Rosid 30 November 2011
  5. sharky 30 November 2011
  6. Ibro 19 Oktober 2012
  7. kang asep arie 22 Oktober 2013

Leave a Reply