Logo Plugin Jetpack

Mungkinkah Jetpack Menjadi ‘One Stop Plugin’ WordPress ?

Logo Plugin Jetpack
Logo Plugin Jetpack

[dropcap style=”font-size: 60px; color: #000000;”]B[/dropcap]eberapa blogger self hosting atau webmaster mungkin sudah tidak asing lagi dengan plugin yang satu ini, Jetpack !. Saat tulisan ini diterbitkan, Jetpack baru saja memperbaharui versinya ke 1.9 dengan tambahan tiga layanan gratis. Layanan baru ini menjadikan Jetpack sebagai plugin yang semakin multi fungsi, total ada 18 fitur gratis dan 1 fitur berbayar.

Bagi saya sendiri, Jetpack adalah plugin wajib yang harus dibenamkan ketika membuat website baru berbasis WordPress. Alasannya sederhana, lengkap dan ringan !. Meskipun saya sendiri belum pernah mengukur berat beban dari penggunaan Jetpack itu sendiri.

Yang saya rasakan dari penilaian ringkas terhadap plugin ini adalah semakin menyamapersiskan WordPress.org dengan WordPress.com. Wajar saja jika untuk menggunakan Jetpack kita diharuskan mempunyai akun di WordPress.com sebagai syarat mutlak aktivasi. Saya menganggap ini adalah satu layanan maksimum yang diberikan oleh pengembang WordPress bagi penggunanya dengan meminimalisir sekecil mungkin perbedaan dalam servis update.

Seorang pengguna WordPress.com akan menerima setiap update fiturnya secara otomatis tanpa harus memperbarui sendiri. Berbeda dengan pengguna WordPress.org (self-host) yang harus memperbarui sendiri setiap ada update plugin (ada kemauan ada resiko), tidak jarang, error atau crash pun sering dialami.

Inilah yang saya maksud layanan maksimum yang diberikan oleh pengembang WordPress dalam meminimalisir perbedaan servis, sehingga diberikanlah satu plugin dengan paket layanan yang sesama mungkin dengan yang ada di WordPress.com.

Layanan yang sudah diadopsi dari WordPress.com ke Jetpack antara lain :

[custom_list type=”check”]

  • Statistik WordPress.com : Statistik situs yang sederhana, ringkas tanpa beban tambahan pada server Anda.
  • Jetpack Comments : Sebuah sistem komentar baru  yang telah terintegrasi dengan pilihan login media sosial. Hampir mirip dengan DisQus
  • Subscriptions : Memungkinkan pengguna untuk berlangganan pada tulisan dan komentar dengan menerima pemberitahuan melalui surel.
  • Sharing : Alat berbagi konten dengan Facebook, Twitter, dan banyak lagi berbagai media sosial lainnya. Selain itu kita juga bisa menambahkan sendiri layanan tambahan lain yang belum tersedia (semisal Lintas.me)
  • Carousel :Menransformasi galeri gambar standar ke tampilan layar penuh dengan fitur sliding.
  • Spelling and Grammar : Layanan Koreksi Bahasa dari After the Deadline untuk memperbaiki ejaan, gaya, dan tata bahasa.
  • VaultPress (berbayar) : Pencadangan realtime dan pemindaian keamanan untuk situs WordPress Anda.
  • Gravatar Hovercards : Tampilkan kartu bisnis pop-up dari profil pengguna Gravatar Anda pada komentar.
  • Contact Form : Fitur mudah untuk memasukkan formulir apapun di situs Anda.
  • WP.me Shortlinks : Penaut singkat WP.me untuk semua Tulisan dan Halaman Anda agar berbagi dengan lebih mudah, terutama di twitter.
  • Mobile Theme : Secara otomatis mengoptimalkan tampilan situs Anda untuk perangkat mobile.
  • Shortcode Embeds : Dengan mudah menanamkan (embed) video dan masih banyak lagi dari situs seperti YouTube, Vimeo, dan SlideShare.
  • Custom CSS : Penyesuai tampilan situs Anda menggunakan CSS tanpa memodifikasi tema.
  • Beautiful Math : Mark up tulisan Anda dengan bahasa markup, cocok untuk persamaan matematika kompleks dan persamaan canggih lainnya.
  • Extra Sidebar Widgets : Mempermudah penambahkan gambar, update Twitter, dan situs RSS link ke sidebar tema.
  • Enhanced Distribution : Berbagi posting dan komentar publik ke mesin pencari dan layanan lainnya secara real-time.
  • Mobile Push Notifications (baru) : Menerima pemberitahuan pada perangkat Apple.
  • Notifications (baru) : Memonitor dan mengelola aktivitas situs dengan Pemberitahuan di Toolbar Anda dan pada WordPress.com.
  • JSON API (baru) : Memungkinkan aplikasi untuk secara aman mengakses konten melalui komputasi awan.

[/custom_list]

Mau menganggap hebat atau biasa saja itu terserah Anda, tapi sebagai pengguna WordPress self hosting, saya harus bilang Wow !!!. Karena, terus terang saya sangat merasa terbantu sekali. Bagaimana tidak, 1 plugin ibarat sudah bisa mengganti 19 plugin.

Apakah Jetpack akan menjadi satu-satunya plugin di WordPress.org ?

Tentu saja tidak !, itulah jawaban saya yang sudah pasti bukan jawaban resmi dari pengembang WordPress.

Bagiamanapun WordPress bukanlah sekedar Content Managemant System (CMS) untuk ngeblog. WordPress bisa dikembangkan jauh melebihi ekspektasi kita untuk sebuah CMS. Ia bisa menjadi platform untuk sebuah situs dinamis maupun statis. Situs apapun hampir bisa dibentuk oleh WordPress. Ia bisa ‘merubah diri’ kedalam bentuk blog, forum, situs berita, situs musik, situs video, galeri gambar, portofolio, wiki, e-commerce, user generated content, dan lain sebagainya.

Untuk menjadikan WordPress ke berbagai aneka rupa yang luar biasa, plugin adalah salah satu andalannya.

Menurut saya, dengan segala kelebihannya bisa jadi Jetpack tetap  terbatas pada pengadopsian apa yang sudah ada pada WordPress.com untuk bisa diaplikasikan pada WordPress.org. Selebihnya kita tetap bisa mengkreasikan WordPress.org dengan berbagai plugin lainnya yang jumlahnya sudah ribuan dan tentu saja akan terus bertambah.

4 komentar untuk “Mungkinkah Jetpack Menjadi ‘One Stop Plugin’ WordPress ?”

  1. Sungguh sampai sekarang saya belum mengenal fungsi dan manfaat JetPack sehingga tidak terinstal di blog WordPress yang saya miliki. Ternyata lumayan banyak fiturnya.

    Perlu dipertimbangkan juga untuk blog yang baru nanti. Terima kasih telah dishare.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *