Terbesar Karena Terpercaya

Tampak dari sisi manapun, gedungnya begitu keren, futuristik, dan sangat kental suasana ramah lingkungan. Memasukinya tanpa harus membuka pintu lobi, karena memang tidak memiliki daun pintu yang umumnya terbuat dari kaca besar. Pintu masuk terbuka sangat lebar, benar-benar memberi kesan keramahan bahwa “pintu ini selalu terbuka untukmu”.

Masuk ke dalamnya, tampak tangga spiral dengan resepsionis di bagian bawah. Benar-benar artistik. Sirkulasi udara yang sehat, cahaya masuk hampir dari semua sisi, lampu listrik menyala seperlunya.

Itulah gambaran singkat Sinarmas Land Plaza. Kantor pusat dari pengembang properti dan kawasan terbesar di Asia Tenggara yang terletak di Green Office Park – BSD City.

Saya dan teman-teman disambut dengan sangat hangat oleh Pak Panji Himawan selaku Head of Corporate Communication Sinarmas Land dan Pak Candra Widarjana, Head of Special Media & Digital Communication Corporate Communication.

Di ruangan meeting yang (lagi-lagi) membuat kami terpesona ini (tanpa lampu listrik yang menyala), kami menyimak pemaparan singkat dari Pak Panji tentang perjalanan dan unit bisnis Sinarmas, khususnya Sinarmas Land. Singkat cerita dari pemaparan tersebut, ada satu kalimat yang membuat saya tertegun.

[quote] Misi kami bukan sekedar menjadi yang terbesar ataupun yang terdepan, tapi yang terpercaya. Kalaupun menjadi yang terbesar, kami ingin besar karena dipercaya.[/quote]

Begitulah ungkapan Pak Panji, seraya diakhiri dengan senyum optimis.

Kata ‘percaya‘ sudah tidak asing lagi di telinga dan lidah kita. Begitu banyak orang yang benci dibohongi tapi suka membohongi. Saking tidak asingnya, sampai-sampai percaya jadi seperti tak lagi penting, terlalu murah, terlalu hambur, terlalu diumbar. Pada kenyataannya, kepercayaan itu sendiri sedang mengalami krisis yang dahsyat. Entah itu kepercayaan antar sesama, bawahan dan atasan, rakyat dan pimpinan, bahkan seorang hamba dengan Tuhannya.

Besar karena dipercaya, inikah salah satu kunci dibalik kebesaran Sinarmas Land ?

Tidak bisa dipungkiri, kenyataannya iya. Lihat saja bagaimana kawasan BSD City menjadi satu township primadona, baik untuk ditempati atau sekedar investasi. Orang percaya, bahwa apa yang mereka investasikan sebanding dengan apa yang mereka dapatkan. Percaya yang bukan “katanya”, tapi dirasakan.

Wajar saja, kalau lebih dari 70% listing di rumah123.com dan situs-situs properti lainnya berada di kawasan BSD City dan sekitarnya.

Kalimat yang disampaikan oleh Pak Panji tentang misi Sinarmas Land tersebut mengingatkan saya kepada banyak perusahaan, yang setelah menjadi besar tidak lama kemudian bisa menjadi ciut.

Terbesar menjadi ciut seketika saya analogikan seperti balon. Fokus membesarkan usahanya hanya pada bagian luar, kemasan, dan iklan. Di dalamnya tidak diisi oleh sesuatu yang membuat orang lain percaya. Padahal, isi itulah yang akan terus menjaga konsistensi ukuran besar. Semakin tinggi tingkat kepercayaan orang lain, semakin besar pula pertumbuhannya. Itulah terbesar karena terpercaya.

Pernahkah Anda merasa tertipu oleh merek besar ? bisa jadi merk tersebut punya misi menjadi yang terbesar, tapi mengabaikan sisi kepercayaan. Padahal kalau tidak ada lagi yang percaya, mustahil akan terus menjadi yang terbesar.

Terpercaya adalah akar eksistensi. Di dalamnya ada kejujuran (sesuatu yang gratis, tapi sangat mahal), keseimbangan, kenyamanan, dan kesadaran. Ia bisa menjadi satu alasan bagaimana orang lain bersedia mengajak kita untuk menjadi bagian dari kesuksesannya, atau bahkan membukakan jalan sukses buat kita tapaki.

Satu pengalaman yang singkat dengan kalimat yang singkat, tapi punya pesan moral yang begitu kuat. Good Luck, semoga kita bisa terus tumbuh menjadi yang terpercaya !

Terpercaya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *