Alasan Mendasar Kenapa Harus Ikut Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Banyak orang yang jangangkan menganggap asuransi kesehatan itu penting, berpikir tentang asuransi kesehatan pun tampaknya enggan. Sering lupa, jika menyesal itu datang karena kita sering menganggap sepele terhadap sesuatu yang selalu mungkin terjadi. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan sistem asuransi yang dirancang oleh pemerintah agar semua penduduk Indonesia mendapatkan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau. Dengan cakupan manfaat pelayanan kesehatan meliputi penyuluhan, pencegahan, pengobatan, dan pemuli kesehatan (termasuk pelayanan obat dan bahan medis habis pakai sesuai kebutuhan medis).

Jika Anda masih enggan atau ragu untuk ikut ke program JKN, ada baiknya pertimbangkan kembali hal-hal berikut ini untuk tahu alasan mendasar kenapa harus ikuta jaminan kesehatan nasional :

  1. Adakah manusia yang tidak pernah sakit  ?
  2. Setiap manusia mengalami perubahan. Mulai dari kecil hingga tumbuh dewasa. Dalam proses perubahan tersebut banyak hal yang terjadi di luar dugaan, seperti sakit misalnya. Bukan hanya datangnya sakit yang diluar dugaan, jenis penyakit dan biaya pengobatannya pun sering di luar dugaan. Saat berpenghasilan cukup mungkin  masih mampu untuk menutup biayanya, tapi ketika sudah tua, tidak produktif dan penghasilan menurun atau bahkan tidak berpenghasilan, bagaimana kita bisa mendapatkan perawatan dan pelayanan kesehatan yang memadai, terjangkau, dan berkualitas ?
  3. Kita selalu dihadapkan pada resiko. Nyaris 24 jam aktvitas kita tidak bisa bebas dari resiko. Tidur pun kita berada dalam jangkauan resiko. Apalagi dengan kondisi kehidupan sekarang yang serba dinamis, cepat, dan disaat bersamaan kondisi lingkungan yang sudah semakin rusak. Sudahkah mempersiapkan proteksi untuk resiko yang berdampak pada kesehatan terjadi ?
  4. Saat kita sakit dan harus dirawat, apakah yakin keluarga lain siap dan sanggup membantu terutama dari sisi biaya ? kalaupun siap dan sanggup, apakah nyaman jika diri kita menjadi beban yang lain ? Melalui JKN kita bisa menjadi pribadi yang bertanggungjawab, minimal atas diri dan keluarga kita sendiri.
  5. Keuangan kita belum tentu selamanya sehat. Belum tentu selamanya tabungan bisa bertambah atau utuh.
  6. Saat ada anggota keluarga yang sakit dan membutuhkan biaya pengobatan yang besar, sementara Anda sendiri sebagai kepala keluarga tidak mampu membiayainya, apakah tega jika Anda hanya bisa pasrah ? melalui JKN Anda bisa menjadi kepala keluarga harapan yang bisa diandalkan.

JKN membantu untuk memastikan bahwa Anda dan keluarga terlindungi dari kesulitan keuangan yang mungkin timbul dari biaya perawatan kesehatan.

JKN menghindarkan Anda dari ketidakmampuan membayar perawatan medis ketika Anda membutuhkannya.

JKN memungkinkan Anda tercegah dari menjual segala harta benda ketika ada anggota keluarga yang harus dirawat di rumah sakit.

Orang dengan JKN lebih mungkin untuk segera mendapatkan pertolongan rumah sakit sebelum kondisi mereka memburuk dan menjadi lebih mahal untuk diobati.

Bicara soal JKN bukan bicara tentang saat ini, saat Anda dalam keadaan baik-baik saja. Bukan juga berharap sesuatu yang buruk terjadi. Tapi ini adalah tentang berpikir antisipatif jauh ke depan untuk sesuatu yang di luar kemampuan kita.

Kenapa Harus Ikut Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

1 komentar untuk “Alasan Mendasar Kenapa Harus Ikut Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)”

  1. Mama dan adik saya ikut JKN, saat ini saya belum ikut karena masih dapet penggantian dari kantor.

    Setelah baca-baca blog nya eyang, JKN super penting banget apalagi masih banyak rakyat kita yang hidupnya belum beruntung secara ekonomi.

    Dulu pernah ada asuransi yang dibuat oleh salah satu perusahaan asuransi hanya dengan membayar 10.000 kita bisa memberikan asuransi kepada orang yang kita pilih, hanya saja benefitnya tidak sebagus JKN.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *