Negara Lain Kerepotan, Indonesia Tinggal Menyunggingkan Senyuman

Untuk menarik wisatawan sebanyak-banyaknya, negara lain sampai harus kerepotan membangun wahana rekreasi di sana-sini. Mereka rancang destinasi wisata buatan semenarik mungkin, bahkan sebesar-besarnya.
Mereka sadar, wisata itu sektor yang menggiurkan, tapi mereka tidak punya potensi wisata yang besar dan wilayahnya juga tidak besar.

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia ini sangat luas, tanpa harus repot-repot membangun wahana wisata buatan pun sudah Tuhan buatkan di seantero negeri. Kurang dimanja bagaimana, coba?

Yang lain harus repot-repot membangun, kita mah tinggal menjaga, tinggal melestarikan, tinggal mempromosikan, tinggal sunggingkan senyuman ke para wisatawan. Berapa biaya yang harus dikeluarkan kalau semua potensi wisata alami itu harus kita bangun sendiri? Tak terhitung. Bangga? Jelas bangga lah… Tapi kalau cuma punya rasa bangga tanpa sadar menjaga dan melestarikan, maka tidak ada bedanya kita dengan anak yang sudah dibeliin ini itu sama orang tuanya, eh ngelunjak pula. Tidak tahu diuntung kan namanya.

Kalau sampai jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia lebih sedikit dari yang datang ke Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan sebagainya. Bisa jadi ada yang salah pada elemen terpenting bangsa ini, yaitu kita, manusianya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *