ROSID https://www.rosid.net Blog Inspiratif Thu, 02 Nov 2017 09:13:30 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.8.4 https://www.rosid.net/wp-content/uploads/2017/11/favicon.png ROSID https://www.rosid.net 32 32 Negara Lain Kerepotan, Indonesia Tinggal Menyunggingkan Senyuman https://www.rosid.net/2015/04/negara-lain-kerepotan-indonesia-tinggal-menyunggingkan-senyuman/ https://www.rosid.net/2015/04/negara-lain-kerepotan-indonesia-tinggal-menyunggingkan-senyuman/#respond Tue, 21 Apr 2015 03:32:59 +0000 https://www.rosid.net/?p=6406 ROSID
ROSID - Blog Inspiratif

Untuk menarik wisatawan sebanyak-banyaknya, negara lain sampai harus kerepotan membangun wahana rekreasi di sana-sini. Mereka rancang destinasi wisata buatan semenarik mungkin, bahkan sebesar-besarnya. Mereka sadar, wisata itu sektor yang menggiurkan, tapi mereka tidak punya potensi wisata yang besar dan wilayahnya juga tidak besar. Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia ini sangat luas, tanpa harus repot-repot membangun wahana […]

Negara Lain Kerepotan, Indonesia Tinggal Menyunggingkan Senyuman
Rosid.

]]>
ROSID
ROSID - Blog Inspiratif

Untuk menarik wisatawan sebanyak-banyaknya, negara lain sampai harus kerepotan membangun wahana rekreasi di sana-sini. Mereka rancang destinasi wisata buatan semenarik mungkin, bahkan sebesar-besarnya.
Mereka sadar, wisata itu sektor yang menggiurkan, tapi mereka tidak punya potensi wisata yang besar dan wilayahnya juga tidak besar.

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia ini sangat luas, tanpa harus repot-repot membangun wahana wisata buatan pun sudah Tuhan buatkan di seantero negeri. Kurang dimanja bagaimana, coba?

Yang lain harus repot-repot membangun, kita mah tinggal menjaga, tinggal melestarikan, tinggal mempromosikan, tinggal sunggingkan senyuman ke para wisatawan. Berapa biaya yang harus dikeluarkan kalau semua potensi wisata alami itu harus kita bangun sendiri? Tak terhitung. Bangga? Jelas bangga lah… Tapi kalau cuma punya rasa bangga tanpa sadar menjaga dan melestarikan, maka tidak ada bedanya kita dengan anak yang sudah dibeliin ini itu sama orang tuanya, eh ngelunjak pula. Tidak tahu diuntung kan namanya.

Kalau sampai jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia lebih sedikit dari yang datang ke Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan sebagainya. Bisa jadi ada yang salah pada elemen terpenting bangsa ini, yaitu kita, manusianya.

Negara Lain Kerepotan, Indonesia Tinggal Menyunggingkan Senyuman
Rosid.

]]>
https://www.rosid.net/2015/04/negara-lain-kerepotan-indonesia-tinggal-menyunggingkan-senyuman/feed/ 0
Menjadikan Pertandingan Persib Sebagai Tujuan Wisata di Kota Bandung https://www.rosid.net/2015/03/menjadikan-pertandingan-persib-sebagai-tujuan-wisata-di-kota-bandung/ https://www.rosid.net/2015/03/menjadikan-pertandingan-persib-sebagai-tujuan-wisata-di-kota-bandung/#comments Thu, 05 Mar 2015 04:24:14 +0000 https://www.rosid.net/?p=6398 ROSID
ROSID - Blog Inspiratif

Jika Anda berwisata ke luar negeri, misal ke Inggris atau Spanyol, apa rasanya jika dilengkapi dengan menyaksikan pertandingan liga sepak bola kasta tertinggi di masing-masing negara tersebut? Pasti mengesankan, kan?. Jika biasanya Anda menyaksikan liga Inggris atau liga Spanyol hanya dari layar kaca, kini menyaksikannya langsung di Stamford Bridge atau Old Trafford, atau bahkan di […]

Menjadikan Pertandingan Persib Sebagai Tujuan Wisata di Kota Bandung
Rosid.

]]>
ROSID
ROSID - Blog Inspiratif

Jika Anda berwisata ke luar negeri, misal ke Inggris atau Spanyol, apa rasanya jika dilengkapi dengan menyaksikan pertandingan liga sepak bola kasta tertinggi di masing-masing negara tersebut? Pasti mengesankan, kan?. Jika biasanya Anda menyaksikan liga Inggris atau liga Spanyol hanya dari layar kaca, kini menyaksikannya langsung di Stamford Bridge atau Old Trafford, atau bahkan di Santiago Bernabeu dan Camp Nou.

Sekarang, bagaimana kalau wisatawan yang datang ke Indonesia, khususnya Bandung, juga disuguhi agenda wisata menyaksikan laga pertandingan Persib?

Hayooo… langsung undersetimate ya?

Iya sih, kalau melihat perjalanan liga dan prestasi sepak bola kita memang tidak meyakinkan. Apalagi ditambah perilaku suporternya banyak yang belum kunjung dewasa (entah mau sampai kapan), tapi namanya juga ide dan harapan, apa yang dirasa sulit harus yakin bisa ditaklukan.

Meski harapan seperti ini terasa mengawang-awang dan jauh dari memungkinkan, saya merasa yakin bahwa Bandung sangat bisa. Sama yakinnya ketika klub sepak bola harus lepas dari dana APBD, saya yakin Persib bisa, dan alhamdulillah… hal yang berbau official Persib pun sekarang sudah kaya reklame.

Konsep menjadikan laga olahraga sebagai bagian dari destinasi wisata bukanlah sesuatu yang baru. Bahkan ketika berbagai negara berebut menjadi tuan rumah gelaran akbar semacam olimpiade dan piala dunia pun karena di dalamnya ada potensi pemasukan devisa yang luar biasa dari wisatawan manca negara.

Beberapa agen perjalanan wisata di Eropa bahkan sudah memasukan “menyaksikan laga pertandingan sepak bola” sebagai bagian dari obyek wisata yang harus dituju, terutama di negara-negara yang atmosfir liga sepak bolanya sudah terkenal ke seantero jagad raya, seperti Inggris, Italia, Spanyol, Belanda, Prancis dan Jerman.

Memasukan unsur olahraga ke dalam sektor pariwisata (atau sebaliknya) adalah sesuatu yang saling menguntungkan. Di industri pariwisata, kombinasi ini menjadikan jenis destinasi atau aktivitas wisatawan semakin beragam, sedangkan di dunia olahraga akan memberikan efek yang bagus terhadap perkembangan industri olahraga, baik dari sisi bisnis maupun gaya hidup.

Gelora Bandung Lautan Api
Dengan segala kemegahannya, GBLA bisa menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan untuk menyaksikan pertandingan Persib. (Sumber gambar : Laman Wikipedia karya Ended City, belisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 3.0 Tanpa Adaptasi)

Dari mana kita harus memulai ?

Kenapa saya memulainya dengan Persib? karena untuk ukuran klub sepak bola di Indonesia, Persib bisa dibilang salah satu klub yang postur kemapanannya lumayan baik, memiliki fasilitas pendukung yang (segera) memadai, didukung oleh suporter fanatik yang sangat besar, dan tentunya karena saya sendiri seorang bobotoh. Heheheheeee

Di Indonesia, menjadikan sebuah pertandingan sepak bola sebagai bagian dari agenda wisata masih belum begitu populer, oleh karena itu ini masih menjadi tantangan. Tantangan untuk menginisiasi dan menunjukan bahwa Bandung juga mampu sekaligus bisa menyerap potensi tambahan di bidang pariwisata melalui sepak bola.

Para wisatawan harus mempunyai alasan kuat; “kenapa ketika berwisata ke Bandung mereka harus menyaksikan pertandingan Persib?”. Berarti, setidaknya mereka harus mendapatkan pengalaman menyaksikan sepak bola yang mengesankan. Misalnya;

  1. Laga digelar dengan profesional
  2. Fasilitas stadion dan sarana transportasi harus memadai, terawat dan ramah difabel.
  3. Jalannya pertandingan harus disiplin dan tidak dinodai dengan kekerasan atau penodaan unsur SARA.
  4. Suporter yang atraktif dengan koreografi yang indah, tapi tidak destruktif. Beberapa pemain luar yang pernah bertanding di Indonesia sering dibuat merinding berbau takjub dengan atmosfir penonton yang penuh animo dan gelora. Ini adalah nilai lebih dari dunia sepak bola kita.
  5. Keamanan yang terjamin.
  6. Sikap dan perilaku penonton harus ramah, tertib, dan hangat.

Keuntungannya

Sebagai sebuah brand, awareness Persib akan semakin dikenali (secara positif), ini berarti juga turut mendongkrak brand value dari Persib itu sendiri. Semakin dikenal dan semakin bernilai, sponsor yang merupakan ‘bapak angkat’ dari berbagai klub sepak bola akan semakin tertarik untuk menjadi bagian dari sebuah nama besar agar turut terbawa bernilai.

Bagaimana dengan sektor pariwisata? tentu nama besar Kota Bandung juga akan ikut dibawa berkibar. Bandung akan memiliki nilai tambah di bidang pariwisata, karena memiliki satu destinasi unik yang belum tentu dimiliki oleh daerah lain di Indonesia. Bisa jadi, jika ini berhasil, orang-orang justru akan menjadikan pertandingan Persib sebagai tujuan wisata utama di kota Bandung.

Efeknya tidak hanya postur Persib yang semakin mapan dan sektor wisata Bandung menerima injeksi positif, tapi perekenomian masyarakat Bandung juga akan ikut terkerek, khususnya yang bergerak di bidang usaha mikro.

Tidak apa-apa kita tidak menjadi tuan rumah Piala Dunia, Olimpiade, MotoGP, F1, X Games, bahkan WRC. Yang penting kita menjadi tuan rumah yang baik bagi Persib agar bisa memberikan pengalaman yang mengesankan bagi siapapun yang menyaksikannya.

Menjadikan Pertandingan Persib Sebagai Tujuan Wisata di Kota Bandung
Rosid.

]]>
https://www.rosid.net/2015/03/menjadikan-pertandingan-persib-sebagai-tujuan-wisata-di-kota-bandung/feed/ 2
Blog Review : Berpengaruh dan Bisa Dipercaya https://www.rosid.net/2015/01/blog-review-berpengaruh-dan-bisa-dipercaya/ https://www.rosid.net/2015/01/blog-review-berpengaruh-dan-bisa-dipercaya/#comments Fri, 16 Jan 2015 04:14:50 +0000 https://www.rosid.net/?p=6371 ROSID
ROSID - Blog Inspiratif

Pernah nonton film CHEF ? Kalau belum, cobalah luangkan sedikit waktu untuk menontonnya secara seksama dan dengan tempo sepuas-puasnya. 😀 Sisi lain yang menarik dari film tersebut adalah “bagaimana seorang blogger dengan blog-nya memiliki pengaruh yang sangat luar biasa”, tidak kalah kuat pengaruhnya dari media mainstream. Bahkan bisa jadi lebih kuat ! Ada beberapa hal […]

Blog Review : Berpengaruh dan Bisa Dipercaya
Rosid.

]]>
ROSID
ROSID - Blog Inspiratif

Pernah nonton film CHEF ?

Kalau belum, cobalah luangkan sedikit waktu untuk menontonnya secara seksama dan dengan tempo sepuas-puasnya. 😀

Sisi lain yang menarik dari film tersebut adalah “bagaimana seorang blogger dengan blog-nya memiliki pengaruh yang sangat luar biasa”, tidak kalah kuat pengaruhnya dari media mainstream. Bahkan bisa jadi lebih kuat !

Ada beberapa hal yang membuat sebuah blog bisa sangat berpengaruh. Diantaranya adalah bisa dipercaya, lahir dari sang ahli, konsisten, fair dan dapat dipertanggungjawabkan.

“trafik memang penting, tapi saya coba kesampingkan hal ini dulu”

Bisa dipercaya dan lahir dari sang ahli adalah satu paket yang saling berkaitan. Sebuah blog yang memiliki pengaruh besar sudah pasti karena kontennya bisa dipercaya. Ulasan (sebagai konten) yang bisa dipercaya tidak bisa datang dari seseorang yang tidak menguasai bidang yang dia ulas. Konten yang bisa dipercaya setidaknya akan lahir dari seseorang yang memang ahli pada bidang ulasannya.

Ketika membaca sebuah review smartphone, Anda akan lebih percaya ulasan orang yang memahami teknologinya atau ulasan seorang pengguna biasa ?

Ketika Anda membaca ulasan produk kosmetik, Anda akan lebih percaya omongan seorang ahli kecantikan atau pengguna biasa ?

Untuk itu, jika blog kita ingin memiliki pengaruh dan setiap ulasannya bisa dipercaya, maka langkah awalnya jadilah ahlinya. Apakah harus benar-benar ahli ? itu lebih baik, tapi kalau pun tidak benar-benar menguasai maka tulislah apa yang kita kuasai. Mengulaslah sesuai dengan keahlian kita. Jangan paksakan diri untuk mereview sesuatu yang tidak kita mengerti. Karena dampak viralnya bisa jadi bukannya orang percaya, tapi malah menertawakan, bahkan mem-bully.

Jika ulasan kita sesuai dengan latar pengetahuan kita, sangat besar kemungkinannya bisa dipercaya oleh pembaca. Karena ulasan kita tidak ngasal, adil, dan tentunya juga bisa dipertanggungjawabkan.

Contoh sederhana adalah ketika Anda mengatakan “smartphone ini sangat bagus, tidak nge-lag, akses internetnya cepat dan kameranya luar biasa” apa yakin orang yang membacanya akan percaya begitu saja ? Sejauh mana Anda dapat memepertanggungjawabkannya ?

Seseorang yang sudah dikenal sangat expert di bidang teknologi (khususnya smartphone) mungkin bisa langsung dipercaya, karena apa yang menjadi pendapatnya seperti menjadi sebuah fatwa. Untuk menjadi dikenal sebagai sang ahli butuh proses yang panjang, tapi dengan memastikan bahwa ulasan kita bisa dipertanggungjawabkan adalah titian langkah yang baik. Misal, ketika Anda mengatakan “smartphone ini sangat bagus, tidak nge-lag, akses internetnya cepat dan kameranya luar biasa” maka lengkapilah dengan data-data penunjang seperti hasil benchmark, screenshot speedtest dan data audit lainnya sebagai dasar penegas bahwa Anda tidak sekedar mengatakan bagus.

Anda bisa lebih dipercaya lagi ketika Anda juga berani menyampaikan kekurangannya, karena di dunia ini tidak ada produk manusia yang sempurna, tanpa kekurangan sedikitpun.

Bagaimana jika ulasan kita merupakan pesanan dari marketing sebuah perusahaan ? Ini adalah pertaruhan dan tantangan ! Butuh strategi ekstra agar ulasan kita tetap bisa dipercaya. Langkah awal yang cukup sederhana yaitu harus ada kesepahaman antara Anda (blogger) dengan pihak perusahaan (marketing), bahwa kekurangan yang diulas bukan sebuah citra negatif, tapi sesuatu yang justru positif (meski kadang secara tidak langsung).

Contoh : ketika Anda mengulas sebuah mesin cuci, Anda bisa mengatakan “kekurangan dari produk ini yaitu, untuk mendapatkannya masih kurang mudah“. Sepintas Anda mengatakan sesuatu yang minus, tapi sebetulnya Anda secara tidak langsung baru saja mengatakan “produk ini banyak sekali peminatnya, sehingga di beberapa toko selalu cepat sold out. Saya harus mencarinya di beberapa toko”.

Berani atau tidak menyampaikan kekurangannya, nilai reputasi tetap menjadi hak Anda.

Sebuah blog yang sering menjadi rujukan –karena kevalidannya– biasanya lebih konsisten, fokus pada satu bidang yang memang dikuasainya atau paling tidak sangat disukainya. Biasanya orang yang menjadi ahli sering diawali karena menyukai alias hobi. Anda suka sekali memasak ? banjirilah blog Anda dengan konten yang berbau masakan. Lakukan itu secara konsisten, cepat atau lambat Anda akan dikenal sebagai blogger yang juara dibidang masak-memasak. Atau Anda suka sekali dengan dunia otomotif ? Anda bisa berkaca dari Mas Taufik (tmcblog.com), dimana isi blognya terus digeber dengan konten seputar roda dua. Dia menguasai, mengulas, konsisten, dan efeknya sering menjadi rujukan para pecinta otomotif. Alhasil, dikenallah dia sebagai blogger otomotif.

Ketika apa yang sering Anda ulas adalah apa yang Anda kuasai, konsisten, fair dan bisa dipertanggungjawabkan, maka kemungkinan untuk bisa dipercaya itu sangat besar.Disaat yang bersamaan, trafikpun bisa semakin menanjak.

Jangan sampai ada saat dimana ulasan seorang blogger itu tidak dapat dipercaya, yaitu ketika datang bukan dari orang yang mengerti bidang ulasannya, tidak konsisten dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Bagaimanapun, blog adalah media yang sangat sederhana untuk membentuk personal branding yang akan melekat pada diri kita.

Keep Posting, Happy Blogging !

Blog Review : Berpengaruh dan Bisa Dipercaya
Rosid.

]]>
https://www.rosid.net/2015/01/blog-review-berpengaruh-dan-bisa-dipercaya/feed/ 1
Resize dan Watermark Foto Secara Otomatis dan Sekaligus https://www.rosid.net/2015/01/resize-dan-watermark-foto-secara-otomatis-dan-sekaligus/ https://www.rosid.net/2015/01/resize-dan-watermark-foto-secara-otomatis-dan-sekaligus/#comments Sun, 04 Jan 2015 18:10:41 +0000 https://www.rosid.net/?p=6352 ROSID
ROSID - Blog Inspiratif

To the point ! saya ingin berbagi pengalaman cara mengubah ukuran foto (resize) secara otomatis dan sekaligus. Tidak hanya resize, kita juga dapat menambahkan watermark pada foto tersebut secara masal. Baik watermark dengan menggunakan huruf maupun gambar. Berapa banyak foto yang akan Anda ubah ukurannya dan ‘tanda tangan’ ala watermark secara sekaligus ? 10, 20, […]

Resize dan Watermark Foto Secara Otomatis dan Sekaligus
Rosid.

]]>
ROSID
ROSID - Blog Inspiratif

To the point ! saya ingin berbagi pengalaman cara mengubah ukuran foto (resize) secara otomatis dan sekaligus. Tidak hanya resize, kita juga dapat menambahkan watermark pada foto tersebut secara masal. Baik watermark dengan menggunakan huruf maupun gambar.

Berapa banyak foto yang akan Anda ubah ukurannya dan ‘tanda tangan’ ala watermark secara sekaligus ? 10, 20, 50, 100, 200 ? tidak masalah. Saya pernah me-resize dan memberi watermark lebih dari 300 foto secara bersamaan. Tidak sampai 10 menit kelar.

Untuk melakukan hal tersebut saya menggunakan perangkat lunak FastStone Photo Resizer. Perangkat lunak ini tidak hanya canggih (menurut saya), lebih dari itu yang menjadikannya semakin istimewa adalah gratis. No Adware, No Spyware ! Sangat wajar jika di CNET sendiri mendapat predikat Excellent dan –sampai tulisan ini diterbitkan— sudah diunduh lebih dari 996 ribu kali.

FastStone Photo Resizer
FastStone Photo Resizer di CNET

Beberapa fitur unggul dari FastStone Photo Resizer antara lain :

Mengkonversi dan mengubah nama gambar

  • Mendukung ekstensi JPEG, BMP, GIF, PNG, TIFF, dan JPEG2000
  • Mengubah ukuran, memotong, mengubah kedalaman warna, menerapkan efek warna, menambahkan teks, watermark dan efek border
  • Ubah nama gambar dengan nomor urut
  • Mencari dan mengganti teks pada nama file
  • Konversi Preview dan penggantian nama
  • Folder dukungan / struktur non-folder
  • Memuat dan menyimpan pengaturan

Untuk dukungan sistem operasi sendiri sudah cocok hingga Windows 8.1

Silahkan langsung diunduh perangkat lunaknya.

[button color=”green” url=”http://www.faststone.org/FSResizerDetail.htm”]Download FastStone Photo Resizer[/button]

Sedangkan untuk cara menggunakannya Anda bisa mulai dari :

  • Siapkan foto yang akan di-resize atau diberi watermark ke dalam satu folder. Ini untuk memudahkan proses pengerjaan
  • Buat folder baru untuk menampung hasil resize dan watermark.
  • Buka software FastStone Photo Resizer
  • Buka folder yang berisi foto bahan untuk di-resize atau watermark. Jika ingin diproses secara parsial, pilih foto lalu klik Sedangkan jika ingin proses sekaligus, klik ADD ALL. Jika ingin membatalkan (mengosongkan kembali), klik CLEAR

Langkah awal resize dan watermark

  • Tentukan output jenis foto dan folder untuk menyimpan hasil resize atau watermark (no. 2). Jika sudah, sekarang saatnya mengatur ukuran resize, materi watermark, dan lain sebagainya. Klik Advanced Option
Tentukan output jenis file dan folder
Tentukan output jenis file dan folder
  • Disini, kita bisa mulai mengatur ukuran resize. Bisa dalam pixel, persentase, ukuran cetak, dan lain sebagainya.
Tentukan Ukuran
Tentukan Ukuran
  • Jika sudah tentukan ukuran resize, kita bisa masuk ke tab watermark untuk pengaturan watermark. Jika watermarknya ingin berbasis tulisan, silahkan klik tab Watermark ini posisi dan transparansinya bisa kita atur sesuka hati.

atur watermark

  • Kalau sudah diatur semua, jangan lupa klik Langkah selanjutnya adalah eksekusi, klik Convert !

proses convert selesai

  • Proses converting sudah selesai. Perhatikan gambar diatas, tidak sampai 1 menit untuk 28 foto dan rasio ukurannya pun menjadi lebih kecil.
  • Sekarang, mari kita lihat hasilnya. Inilah beberapa foto yang sudah di-resize dan diberi watermak tadi.
Kang dan Nong Provinsi Banten
Kang dan Nong Provinsi Banten
Pertunjukan kesenian khas Banten
Pertunjukan kesenian khas Banten

Selamat mencoba !

Resize dan Watermark Foto Secara Otomatis dan Sekaligus
Rosid.

]]>
https://www.rosid.net/2015/01/resize-dan-watermark-foto-secara-otomatis-dan-sekaligus/feed/ 2
Dedikasi Ngeblog untuk Hidup Bermanfaat https://www.rosid.net/2014/10/dedikasi-ngeblog-untuk-hidup-bermanfaat/ https://www.rosid.net/2014/10/dedikasi-ngeblog-untuk-hidup-bermanfaat/#respond Tue, 14 Oct 2014 14:58:29 +0000 https://www.rosid.net/?p=6135 ROSID
ROSID - Blog Inspiratif

Sebagian besar orang yang aktif menulis di blog, yang kemudian dikenal sebagai blogger, mungkin sudah sangat sering menerima pertanyaan-pertanyaan semisal “apa sih blog ?”, “kenapa ngeblog ?”, “ngapain ngeblog ?” dan lain sebagainya. Jawabannya pun beragam. Bagi saya sendiri, ngeblog adalah sebuah dedikasi. Jika menilik ke Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dedikasi diartikan sebagai “pengorbanan […]

Dedikasi Ngeblog untuk Hidup Bermanfaat
Rosid.

]]>
ROSID
ROSID - Blog Inspiratif

Sebagian besar orang yang aktif menulis di blog, yang kemudian dikenal sebagai blogger, mungkin sudah sangat sering menerima pertanyaan-pertanyaan semisal “apa sih blog ?”, “kenapa ngeblog ?”, “ngapain ngeblog ?” dan lain sebagainya. Jawabannya pun beragam.

Bagi saya sendiri, ngeblog adalah sebuah dedikasi. Jika menilik ke Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dedikasi diartikan sebagai “pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu demi keberhasilan suatu usaha atau tujuan mulia” atau singkatnya, dedikasi adalah pengabdian. Apabila ditarik kembali ke judul tulisan ini, ngeblog adalah sebuah dedikasi, maka ngeblog bisa menjadi alat pengabdian. Tapi, biar gak terlalu lebay, jangan bayangkan sebagai pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu. Nikmati saja, karena nyatanya ngeblog juga bagian dari nikmat.

Sekarang ada satu pertanyaan sederhana ; Bagaimana cara kita melihat hidup seseorang bermanfaat atau tidak ?

Apapapun jawaban Anda, saya sangat menghargai itu. Bisa jadi jawaban yang Anda maksud adalah jawaban paling akurat. Sejauh pemahaman yang saya dapat, kita bisa melihat bahwa hidup seseorang itu bermanfaat atau tidak adalah dari apa yang ia tinggalkan (wariskan) setelah meninggal dunia. Ini tidak harus selalu tentang materi, tapi tentang banyak hal, tidak terbatas dan materi adalah salah satunya.

Apa yang ditinggalkan secara teoritis tergantung pada apa yang sering ia kerjakan (rutinitas). Seorang guru yang setiap hari mengajar akan mewariskan generasi yang berilmupengetahuan. Seorang pengusaha sukses pada saat ia meninggal mewariskan kekayaan dan kerajaan bisnisnya. Seorang arsitek yang aktif merancang berbagai bangunan pada saat ia tiada meninggalkan karya aristekturnya. Seorang ayah atau ibu yang baik dan mendidik anak-anaknya dengan benar ketika berpulang ke rahmatullah, insya Allah akan mewariskan generasi yang baik. Sekarang, kita tanya pada diri kita masing-masing, resapi dan tafakuri, apa yang akan kita wariskan ?

Kita bisa mewariskan apapun, tipenya tidak terbatas, tapi setidaknya memiliki 2 kata kunci, yaitu terbaik dan bermanfaat. Dan ngeblog bisa jadi salah satunya. Insya Allah…

Bagi semua makhluk yang berakal pada dasarnya pasti mempunyai ilmu pengetahuan, pengalaman yang bisa dijadikan pelajaran, dan hikmah yang bisa menjadi teladana. Yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah apakah ilmu pengetahuan yang kita miliki sudah diamalkan ? padahal kan itu wajib sifatnya.

Tidak semua orang menjadi guru, tapi semua orang bisa berbagi pengetahuan. Apalagi ilmu tersebut baik untuk diamalkan oleh yang lainnya juga. Ngeblog adalah salah satu cara paling sederhana bagaimana kita menuangkan isi pikiran kita ke dalam bentuk rangkaian tulisan yang bisa dipelajari oleh orang lain. Ngeblog adalah salah satu cara kita mewariskan ilmu pengetahuan, ketika kita tidak mampu menyajikan dalam bentuk cetakan buku. Seorang penulis yang setiap hari menulis akan mewariskan karya tulisnya ketika ia tiada. Semakin banyak menulis yang bermanfaat, semakin banyak nilai manfaat hidup kita.

Gajah mati meninggalkan gading, blogger mati meninggalkan posting.

Dedikasi Ngeblog untuk Hidup Bermanfaat
Rosid.

]]>
https://www.rosid.net/2014/10/dedikasi-ngeblog-untuk-hidup-bermanfaat/feed/ 0